Sinkronisasi VMTS UPPS dengan VTS Prodi PPG

Tulungagung – Senin, 6 Februari 2023, LPTK UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung mengadakan kegiatan Sinkronisasi VMTS UPPS dengan VMTS Program Studi PPG di Ruang Meeting Lantai 2 Gedung Arief Mustaqim, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Acara ini dihadiri pengelola prodi PPG, dan tim penyusun VMTS prodi PPG. Kegiatan ini bertujuan untuk menyelaraskan visi keilmuan dan strategi prodi PPG dengan visi, misi, tujuan serta strategi UPPS.

Acara ini juga turut dihadiri oleh para pejabat di lingkungan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, antara lain Dekan FTIK, para Wakil Dekan, serta Pejabat Akademik lainnya.

Dalam sambutannya, Dekan FTIK menyampaikan pentingnya upaya menyelaraskan VTS prodi PPG dengan VMTS UPPS. visi keilmuan adalah cita-cita PS dalam mengkaji dan mengembangkan keilmuan tertentu yang menjadi unggulan dan penciri bidang keahlian PS tersebut untuk merespon perkembangan IPTEKS dan penerapannya dalam kemanfaatan masyarakat demi peningkatan kualitas hidup orang-orang yang ada di dalamnya, baik secara individu maupun secara kolektif.

Program Studi PPG menyusun visi keilmuan dan tujuan PS sesuai dengan arahan dan ketentuan yang berlaku. Penyusunan dimulai dengan pembentukan tim penyusun oleh bu Dekan FTIK  Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Tim penyusun visi keilmuan dan tujuan PS ini terdiri atas 1 orang ketua yakni Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. 1 orang sekretaris yakni Beni Asyhar, S.Si., M.Pd., dan 21 anggota yaitu Dr. Muhamad Zaini, M.A., Dr.Hj. Luluk ‘Atirotu Zahroh, M.Pd.

Dr. H. Nurul Amin, M.Ag., Rini Fitriani, S.ST., M.E., Haslinda Yasti Agustin, S.Si., M.Pd., Herlina Wahyufie, S.Sos., Irfan Asnawi, S.Kom., Nanang Purwanto, M.Pd., Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc., Dr. Muhammad Afthon Ulin Nuha, M.Pd., Ali Amirul Mu’minin, M.Pd., Evy Ramadina, S.Pd.I., M.Pd., Arpinda Syifa’a Awalin, M.Pd., Hafidz Rosyidiana, S.Pd.I., M.Pd., Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si., Ikfi Khoulita, M.Pd.I., Irma Fauziah, M.Pd., Ivan Ashif Ardhana, M.Pd., Machrup Eko Cahyono, M.Pd.I., Muhammad Iqbal Filayani, M.Si., Rohmah Ivantri, M.Pd.I. Tim penyusun ini akan melaksanakan tugas hingga ditetapkannya visi keilmuan dan tujuan Program Studi PPG.

Mekanisme penyusunan visi keilmuan dan tujuan Prodi PPG FTIK UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung mengacu pada visi yang tertera dalam Renstra dan Statuta UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dalam menyusun visi keilmuan dan tujuan prodi dilakukan dengan melihat dan mempertimbangkan tuntutan kebutuhan masyarakat, pengguna lulusan, perkembangan pendidikan dan kebijakan pemerintah. Adapun mekanisme penyusunan visi keilmuan prodi dan tujuan prodi melalui berbagai tahapan yaitu pertama Pembentukan tim review internal VTS Prodi PPG, kedua Perumusan Draf VTS Prodi PPG, ketiga Penyusunan dan Sinkronisasi VMTS UPPS dengan VTS Prodi PPG, keempat Hasil Workshop Penyusunan dan Sinkronisasi Draft VTS Prodi PPG, dan kelima Pengesahan VTS Prodi PPG.

Revisi draft rumusan visi keilmuan dan tujuan PS tersebut kemudian dibahas dalam sinkronisasi VTS PS dan VMTS UPPS yang melibatkan dekan, wakil dekan,  pengelola PS, dosen PS, dan tim VMTS PS pada tanggal 6 Februari 2-23. Dalam kegiatan ini, tim penyusun menyampaikan proses perumusan visi keilmuan dan tujuan PS serta hasil yang diperoleh untuk dicermati bersama dan disempurnakan berdasarkan masukan dari berbagai pihak. Sehingga didapatkan VTS PS yang selanjutnya akan disahkan. (timppg/er)