Rapat Sosialisasi Kebijakan SDM Prodi PPG

Tulungagung – LPTK UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung melaksanakan rapat persiapan pelaksanaan pembelajaran PPG Batch 1 tahun 2023. Acara ini digelar pada hari Selasa, 14 Maret 2023 di Ruang Rapat Lantai 2, Gedung Arief Mustakim, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FTIK, Para Wakil Dekan, Koordinator Program Studi PPG LTPK UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen pengampu, Tim IT, dan para pengelola PPG. Pada sesi ini dijelaskan mengenai petunjuk teknis pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan dari Kementerian Agama Republik Indonesia dan beberapa aturan serta kebijakan turunannya.

Dekan FTIK, Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. membuka kegiatan ini dan memberikan penegasan kepada seluruh tim yang terlibat dalam PPG Dalam Jabatan Batch 1 tahun 2023 ini. Dalam sambutannya, Dekan memberikan semangat dan motivasi kepada seluruh tim untuk bekerja secara maksimal dalam mengawal proses Pendidikan Profesi Guru di LPTK UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung ini. “Mari bapak/ibu semua tim PPG, baik dari Koorprodi, Pengelola, Tim IT, dan Para Dosen pengampu untuk bekerja dengan sepenuh tenaga dalam PPG Dalam Jabatan  Batch 1 ini. Kita sudah dipercaya oleh Kementerian Agama untuk menyelenggarakan PPG di LPTK UIN SATU Tulungagung ini. Oleh karenanya, kita juga harus maksimal dan bisa membuktikan dengan sukses dan berhasil menghantarkan para bapak/ibu guru dalam menempuh PPG di LPTK kita” ungkapnya.

Selanjutnya, Wakil Dekan I, Bapak Dr. H. Khoirul Anam, M.Pd.I. juga menambahkan tentang bagaimana bapak/ibu dalam menyelenggarakan proses Pendidikan di LPTK UIN SATU Tulungagung ini harus bisa memberikan pelayanan akademik yang maksimal dalam proses PPG Dalam Jabatan Batch 1 tahun 2023 ini. Beliau juga menyampaikan tentang teknis perkuliahan dan bagaimana kalender akademik yang harus dipedomani oleh para dosen pengampu dan tim IT.

Sesi selanjutnya, Koordinator Proram Studi PPG, Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. juga menjelaskan dan menjabarkan tentang petunjuk teknis pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Batch 1 tahun 2023 di LPTK UIN SATU Tulungagung. Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. juga menyampaikan kepada para dosen dan Tim IT bahwa pelaksanaan PPG Daljab Batch 1 tahun 2023 ini seluruhnya menggunakan Learning Management System (LMS) Space yang dikembangkan langsung dari Dirjen GTK Kementerian Agama Republik Indonesia. Ia juga menjelaskan tentang tata pelaksanaan dan penggunaan LMS Space beserta beberapa fitur di dalamnya. Terakhir, ia menyampaikan tentang jumlah peserta yang akan mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Batch 1 tahun 2023 di LTPK UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yaitu sejumlah 220 peserta yang terdiri dari 20 Guru Kelas RA, 60 Guru Fiqih, 40 Guru Al-Qur’an Hadits, dan 100 Guru PAI pada sekolah umum. (timppg/bws)