Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) PPG Daljab Batch I Tahun 2023

Tulungagung – UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung melaksanakan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) program Pendidikan Professi Guru (PPG) Dalam Jabatan Batch 1 tahun 2023. Acara ini diselenggarakan di FaveHotel Kediri, dimulai pada hari Minggu, 18 Juni 2023 hingga 20 Juni 2023.

Agenda Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) ini digelar selama tiga hari dan melibatkan 63 peserta yang terdiri dari unsur pengelola program PPG, tim IT, Fasilitator, dosen, dan calon guru pamong. Workshop IKM ini bertujuan untuk meningkatkan capaian mutu pembelajaran dalam pengelolaan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Batch I tahun 2023.

Dekan FTIK Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. berkenan membuka langsung Workshop IKM tersebut. Dalam sambutannya pada seremonial pembukaan, beliau menuturkan bahwa penyelenggaraan Workshop IKM ini merupakan salah satu bentuk perwujudan komitmen LPTK UIN SATU Tulungagung dalam menjaga dan meningkatkan mutu pengelolaan program PPG. “Workshop IKM ini merupakan bentuk komitmen LPTK UIN SATU Tulungagung dalam mengelola program PPG Daljab tahun 2023, maka menjadi penting untuk memastikan kesiapan pengelola program, dosen yang mengampu, dan calon guru pamong yang akan mendampingi perkuliahan perangkat pembelajaran,” tuturnya.

Menggenapi pernyataan Dekan FTIK, Dr. H. Khoirul Anam, M.Pd.I. selaku Wakil Dekan I dalam sambutannya pun juga menekankan pentingnya Workshop IKM guna menjaga mutu pengelolaan program PPG serta meningkatkan kualitas capaian pembelajaran. “Melalui kegiatan yg diikuti 63 orang yang terdiri dari dosen, calon guru pamong, wàli kelas, dan pengelola PPG, ini diharapkan akan terwujud perangkat pembelajaran berupa modul ajar dan atau RPP yang diidentifikasi dari CP (Capaian Pembelajaran), TP (Tujuan Pembelajaran), dan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran),” katanya.

Selanjutnya, agenda seremonial pembukaan Workshop IKM ini ditutup dengan doa oleh Dr. KH. M. Arif Faizin, M.Ag.

Sebagai informasi, Workshop IKM yang berlangsung selama tiga hari ini menghadirkan pemateri yang sesuai dan berkompeten di bidangnya. Yaitu, Materi Konsep Teori Kurikulum Merdeka oleh M. Amin Hasan, M.Pd. dari Tim Penelaah Kurikulum Merdeka Kementerian Agama RI; Materi Implementasi Kurikulum Merdeka oleh Dr. H. Khoirul Anam, M.Pd.I. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik FTIK UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung; dan Materi Penyusunan Modul P5 dan PPRA oleh Dr. H. Widayanto, M.Pd. dari Widyaiswara BDK Surabaya. (timppg/ey)