Tim Pannas PPG, Anis Masykhur, Membriefing Langsung Dosen dan Guru Pamong PPL Batch 1 Tahun 2023

Tulungagung – UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung melaksanakan refreshment ujian komprehensif dan PPL bagi dosen, guru pamong, tim IT, dan pengelola program Pendidikan Professi Guru (PPG) Dalam Jabatan Batch 1 tahun 2023. Acara ini diselenggarakan di Ruang Teater Gedung KH. Saifuddin Zuhri Lantai 3 (Kamis, 20 Juli 2023).

Agenda refreshment ujian komprehensif dan PPL bagi dosen, guru pamong, tim IT, serta tim pengelola program tersebut dilangsungkan dalam dua sesi. Pada setiap sesi disampaikan materi-materi penting seputar manajemen operasional pelaksanaan Ujian Komprehensif dan PPL dengan menggunakan Modul Ajar dan Modul Project P5-PPRA yang dipaparkan secara mendetail.

Dekan FTIK Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. berkenan membuka langsung agenda refresment tersebut. Dalam sambutannya pada sesi pembukaan, beliau memberikan dukungan dan motivasi kepada dosen dan guru pamong pada pelaksanaan ujian komprehensif dan PPL pada program PPG batch 1 2023 ini. “Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, kita sudah sampai pada tahapan ujian komprehensif dan PPL pada PPG ini, semoga bapak ibu dosen dan guru pamong semua tetap sehat dan semangat dalam memberikan materi sekaligus mendampingi mahasiswa PPG sampai pada tahap akhir, hingga peserta PPG dikukuhkan menjadi Guru Professional,” ungkapnya.

Pada sesi pertama, Dr. Anis Masykhur, S.Ag., M.A., memaparkan materi tentang rambu-rambu pelaksanaan ujian komprehensif dan teknis pelaksanaan PPL. Ia menguraikan tentang best practices pembuatan Modul Ajar pada kurikulum merdeka di tahapan PPL ini yang sangat mengedepankan karakter dan kemampuan peserta didik dalam kerangka implementasi P5 dan atau PPRA. “Para peserta PPG harus mampu mendesain Modul Ajar berbasis P5 dan atau PPRA yang disesuaikan dengan kemampuan peserta didik, infrastruktur sekolah, dan sumber belajarnya. Sehingga akan didapat pembelajaran yang bermakna,” paparnya.

Sedangkan pada sesi yang kedua, dilakukan pemaparan materi simulasi teknis penggunaan Learning Management System (LMS) SPACE pada ujian komprehensif dan PPL yang disampaikan oleh koorprodi PPG, Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Simulasi teknis tersebut bertujuan agar para dosen, guru pamong dan tim IT lebih mampu berkolaborasi dalam pelaksanaan ujian komprehensif dan PPL yang dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan. Acara ditutup dengan doa oleh Dr. KH. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. (timppg/ey)