Refreshment Pengembangan Perangkat Pembelajaran Batch 2 Tahun 2023: Perkuat Implementasi Kurikulum Merdeka

Tulungagung-LPTK UIN Sayyid Ali Rahamatullah Tulungagung melaksanakan kegiatan Refreshment Pengembangan dan Review Perangkat Pembelajaran Bagi Dosen, Guru Pamong dan TIM IT program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Batch 2 tahun 2023. Acara ini diselenggarakan di Front One Hotel Tulungagung, pada hari Sabtu, 23 September 2023.

Agenda kegiatan refreshment ini, digelar satu hari dan melibatkan 72 peserta yang terdiri dari unsur pengelola program PPG, tim IT, fasilitator, dosen, dan guru pamong. Kegiatan refreshment bertujuan untuk meningkatkan kemampuan atau pengetahuan terhadap perangkat pembelajaran kurikulur merdeka program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Batch 2 tahun 2023.

Mewakili Dekan FTIK, Wakil Dekan I FTIK Dr. H. Khoril Anam, M.Pd.I. membuka kegiatan Refreshment tersebut. Dalam sambutannya pada seremonial pembukaan, beliau menyampaikan jika kegiatan Refreshment merupakan salah satu bentuk komitmen LPTK UIN SATU Tulungagung dalam menyiapkan perkuliahan lokakarya. ”Kegiatan Refreshment Pengembangkan dan review perangkat pembelajaran ini dapat meningkatkan mutu pengembangan perangkat pembelajaran program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Daljab Batch 2 tahun 2023, maka menjadi peran penting dalam mendukung berlakunya kurikulum merdeka yang mana dilaksanaankan pada saat ini,” tuturnya.

Kegiatan ini yang dimulai pada pukul 09.00 hingga pukul 16.30, menghadirkan narasumber salah satu tim pengembang Kurikulum Merdeka di Kementerian Agama. Pada sesi pertama, Dr. Hj. Amiroh Ambarwati, S.Pd., M.A. selaku narasumber menjelaskan tentang Implementasi Kurikulum Merdeka di Kementerian Agama RI. Materi tersebut sangatlah membantu dalam mengenalkan Kurikulum Merdeka di Kemenag saat ini.

Sesi kedua dimulai pada pukul 13.00 dengan tema Kurikulum Merdeka pada Perkuliahan PPG. Pada sesi kedua ini dibahas terkait Lembar Kerja (LK) yang ada di LMS untuk membantu dosen, guru pamong, dan tim IT dalam mendampingi mahasiswa dalam menyusun perangkat pembelajaran berbasis kurikulum merdeka. Selanjutnya, pada sesi ketiga dilanjutkan oleh Koorprodi PPG, Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. tentang Teknis Penggunaan Learning Management System (LMS) Lokakarya yang akan digunakan oleh Dosen, Guru Pamong, dan Tim IT pada perkuliahan pengembangan perangkat pembelajaran. (timppg/asa)