Review Kurikulum PPG KEMENAG Tahun 2024: LPTK UIN SATU Tulungagung Ikut Bagian

Tangerang Selatan – Pada tanggal 7-9 Maret 2024, Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam mengadakan kegiatan bertajuk Review Kurikulum (Alur LMS) dan Modul Digital di Hotel Santika Premiere Bintaro Tangerang Selatan. Acara ini mengundang Tim Kurikulum Panitia Nasional (Pannas) PPG Kemdikbudristek dan beberapa Kaprodi/Koorprodi PPG di bawah binaan Kementerian Agama RI.

Pada acara tersebut LPTK UIN SATU Tulungagung menjadi bagian dari perubahan kurikulum dan alur pembelajaran PPG Kementerian Agama RI bersama dengan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, UIN Walisongo Semarang, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Alauddin Makassar, dan UIN Salatiga.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kasubdit PAI pada PTU Dit PAI, Dr. M. Munir, S.Ag., M.A. Dalam arahannya disampaikan “perlunya penyesuaian perubahan capaian pembelajaran dan alur pembelajaran PPG di lingkungan Kementerian Agama, menyusul adanya perubahan kompetensi lulusan PPG di lingkungan Kemdikbud.” Hal ini diperkuat oleh paparan dari Prof. Dr. Subanji, M.Si selaku ketua Pannas PPG Kemdikbudristek yang mengatakan “ada perubahan capaian pembelajaran yang semula ada 7 kompetensi, menjadi 8 kompetensi lulusan.” Selanjutnya, untuk mengukur kompetensi tersebut, bersama Prof. Budi Waluyo (Pannas PPG Kemdikbudristek), disampaikan bagaimana cara merekonstruksi soal TPACK UP UKMPPG yang sesuai dengan karakter kompetensi lulusan.

Dari hasil paparan para narasumber tersebut, melalui kegiatan FGD, Tim Kurikulum PPG Kemenag bersama para Kaprodi/Koorprodi PPG merumuskan capaian pembelajaran baru serta konstruk soal, dan menghasilkan formula alur pembelajaran yang lebih efektif.

Akhir dari kegiatan ini dihasilkan beberapa usulan perubahan capaian pembelajaran lulusan PPG dan alur pembelajaran. Usulan ini akan diteruskan ke pimpinan Pannas PPG Kemenag sebagai bahan kajian perubahan kurikulum dengan harapan akan lahir desain kurikulum yang mampu meningkatkan jumlah dan kualitas lulusan PPG di lingkungan Kementerian Agama RI. (timppg/np)