Menjadi LPTK dengan Predikat Cetak Lulusan Tertinggi, Pemkab Trenggalek Kepincut Menjalin Kerjasama dengan UIN SATU Tulungagung

Trenggalek – Pemerintah Kabupaten Trenggalek memantabkan hati untuk melakukan kerjasama dengan LPTK UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dalam bidang pendidikan, yakni Program Pendidikan Profesi Guru atau jamak dikenal dengan singkatan PPG. Hal itu tak lepas dari status UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung sebagai LPTK dengan persentase lulusan tertinggi atau peringkat 1 nasional dalam hal mencetak lulusan guru profesional pada tahun 2023. Kerjasama ini ditandai dengan ditandatanganinya Rencana Kerja oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Trenggalek dan Ketua LPTK UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung pada Rabu, 20 Maret 2024.

Kerjasama ini berawal dari kunjungan pihak UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung ke Pemerintah Kabupaten Trenggalek. Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Trenggalek menunjukkan antusiusme dalam membangun kualitas pendidikan khususnya peningkatan kualitas guru melalui program PPG. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Trenggalek bahwa “kami siap memfasilitasi (memberikan bantuan biaya) para guru di wilayah Trenggalek agar bisa mengikuti program PPG di LPTK UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.” Hal ini direspon baik oleh Bapak Dr. Sutopo, M.Pd. selaku Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Beliau menyampaikan bahwa “kami siap mengawal dan memberikan pelayanan terbaik dalam upaya meningkatkan kualitas guru melalui program kami, PPG.”

Akhir dari pertemuan ini adalah terciptanya kesepakatan di antara kedua belah pihak yang ditandai dengan kegiatan penandatanganan dokumen Rencana Kerja antara Pemerintah Kabupaten Trenggalek dengan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Semoga dengan adanya kerjasama ini semakin banyak jumlah guru yang berpartisipasi dalam program PPG di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas pendidikan, khususnya di wilayah Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten/Kota lain pada umumnya. (timppg/np)