Orientasi Akademik Mahasiswa PPG Daljab Batch I Tahun 2024, 159 Mahasiswa Hadir Secara Offline

Tulungagung – Jum’at 28 Juni 2024, LPTK UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung mengadakan kegiatan Orientasi Akademik Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Daljab Batch I Tahun 2024 di Aula Lantai 6 Gedung KH. Saifuddin Zuhri, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Acara ini dihadiri oleh 159 peserta mahasiswa PPG Daljab Batch I Tahun 2024 yang berasal dari Trenggalek. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan para pengelola PPG LPTK UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, memberikan wawasan seputar kebijakan pelaksanaan PPG dan teknis pelaksanaan pembelajaran melalui aplikasi LMS SPACE.

Acara ini juga turut dihadiri oleh para pejabat di lingkungan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, antara lain Rektor, Para Wakil Rektor, Dekan FTIK, para Wakil Dekan, serta Pejabat Akademik lainnya. Selain itu, hadir pula Kepala Dinas Pendidikan, Pemudan dan Olahraga, Kabid Pemetaan dan Pengembangan Pendidikan, dan Kasi PAIS Kantor Kemenag Kabupaten Trenggalek.

Dalam sambutannya, Dekan FTIK menyampaikan pentingnya upaya dari pemerintah daerah Trenggalek dalam meningkatkan program PPG dan pentingnya persiapan oleh mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran dan mahasiswa harus siap menjalankan tugas-tugas yang diberikan secara online selama 4 bulan.

Sementara itu dalam sambutannya, Rektor juga memberikan pesan kepada mahasiswa untuk memahami peran dan tanggung jawab mereka sebagai calon guru. Beliau juga menekankan pentingnya kesiapan dan aktif selama mengikuti pembelajaran PPG, pentingnya mendapatkan dukungan penuh dari keluarga, serta komitmen untuk menjaga integritas dan menghindari keterlibatan dalam perjudian online.

Selanjutnya, adalah paparan materi dari Narasumber pertama (Bapak Drs. Agoes Setiyono) selaku Kepala Dinas Pendidikan, Pemudan dan Olahraga Kabupaten Trenggalek yang menjelaskan pentingnya fokus pada seluruh pembelajaran PPG dan pentingnya meninggalkan segala kegiatan yang dapat mengganggu proses pembelajaran PPG. Pesan dari Pak Kadin kepada mahasiswa adalah untuk memerangi segala bentuk kekerasan, pelecehan, bullying, serta menjadikan lingkungan sekolah yang nyaman, inklusif, dan menyenangkan. Sedangkan materi kedua disampaikan langsung oleh Koodinator Program Studi PPG (Bapak Beni Asyhar, S.Si., M.Pd.), yang memaparkan tentang teknis penggunaan LMS SPACE untuk pembelajaran PPG selama 4 bulan ke depan. (timppg/np)