Menyambut Desain Pembelajaran Baru Tahun 2024, Prodi PPG UIN SATU Mengadakan Refreshment Pendalaman Materi

Tulungagung – Sabtu, 29 Juni 2024, LPTK UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung mengadakan kegiatan Refreshment Pendalaman Materi Bagi Dosen-dosen Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Daljab Batch I Tahun 2024. Meskipun dilakukan secara online melalui Zoom Meeting, kegiatan ini berjalan dengan tertib dan istiqomah hingga selesai. Acara ini dihadiri oleh pengelola,  dosen dan seluruh wali kelas PPG Daljab Batch I Tahun 2024. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan wawasan seputar kebijakan baru pelaksanaan PPG Daljab Batch I Tahun 2024 dan teknis pelaksanaan pembelajaran melalui aplikasi LMS SPACE versi terbaru.

Acara ini juga turut mengundang narasumber Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, dengan harapan memaparkan kebijakan terbaru seputar pelaksanaan PPG Batch I Tahun 2024. Kemudian dalam menyambut pembelajaran PPG dengan wajah LMS yang baru, Koordinator PPG menjadi narasumber yang kedua yang membahas seputar teknis pembelajaran via LMS SPACE selama 4 bulan ke depan.

Dalam sambutannya, Bapak Dr. Sutopo, M.Pd., selaku Dekan FTIK menyampaikan pentingnya persiapan dosen dalam meningkatkan mutu pembelajaran PPG, minimal mempertahankan prestasi sebagai LPTK dengan persentase kelulusan tertinggi ke-1 yang sudah dicapai, khususnya mapel PAI. Selain itu, beliau berharap ke depannya akan lebih banyak lagi para guru yang ikut PPG di LPTK UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Selanjutnya, adalah paparan materi dari Bapak Dr. Moh. Amak Burhanudin, M.Pd.I yang menjelaskan tentang potret generasi saat ini, tantangan guru PAI dan profil guru PAI yang diharapkan setelah mengikuti PPG. Materi kedua disampaikan langsung oleh Bapak Beni Asyhar, S.Si., M.Pd., yang memaparkan tentang teknis penggunaan LMS SPACE untuk pembelajaran PPG mulai menyiapkan kontrak kuliah, penugasan resume dan tugas analisis bahan ajar hingga arahan-arahan seputar pelaksanaan perkuliahan dan persiapan menghadapi tes akhir modul. (timppg/np)