LPTK PPG UIN SATU Tulungagung Gelar FGD Penguatan Kapasitas Pengelola PPG

Tulungagung – LPTK UIN Sayyid Ali Rahmatullah menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penguatan Kapasitas Pengelola Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang diselenggarakan di Hotel Azana Style Hotel Tulungagung pada tanggal 31 Juli s/d 2 Agustus 2024.

Hadir dalam kegiatan tersebut Rektor UIN Sayyid Ali Rahmatullah, Dekan dan para Wakil Dekan FTIK, Kabag FTIK dan seluruh peserta FGD Penguatan Kapasitas Pengelola PPG terdiri dari dosen dan pengelola PPG.

Dekan FTIK Dr.Sutopo,M.Pd dalam sambutannya memberikan apresiasi yang baik terhadap Koorprodi dan pengelola Prodi PPG terhadap kinerja dan prestasi prodi PPG LTPK UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dekan juga berharap supaya prestasi dan ritme kerja yang baik ini tetap dipertahankan dalam pengelolaan di batch 1 tahun 2024 ini. ’’Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada Rektor UIN SATU Prof. Dr. Abdul Aziz, M.Pd.I. yang telah menyempatkan hadir di dalam kegiatan ini untuk dimohon pembukaan dan arahannya. Perkembangan PPG terkini di Fakulatas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan yang berjalan adalah 159 mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, kemudian disel-sela itu kami semua di FTIK melakukan upaya menjalin kerjasama salah satunya ini untuk persiapan Batch 2 Tahun 2023 dari Baznas Trenggalek, Baznas Jombang, Pacitan, dan Kadin Pendidikan Kab.Blitar dengan harapan pada tahun depan bisa bergabung dengan PPG UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.” imbuhnya.

Rektor UIN Sayyid Ali Rahmatullah, Prof.Abdul Aziz, M.Pd.I dalam sambutanya menyampaikan kita harus optimis dan upayakan PPG mendapatkan Unggul sebagai syarat untuk mengajukan PPG Pra-Jabatan. Oleh karena itu, dalam FGD ini menjadi sarana untuk meningkatkan kemampuan masing-masing pengelola PPG (Pejabat Akademik dan Struktural), Wali kelas sekaligus penyusun borang. Rektor juga memberikan motivasi semangat apapun pekerjaan jangan merasa sulit sebelum mencoba

Ajari mereka jadikan mereka menjadi seorang manajer karena penguatan manajerial kepada mahasiswa PPG itu sangat penting terkait kemampuan mengatur waktu dan menyelesaikan tugas. Ajarkan mereka berkolaborasi dan bersinergi dalam upaya menyelesaikan pembelajaran PPG dan ajarkan mereka kemampuan digitalisasi, evaluasi PPG terkait pengelolaan tidak sekedar mengaca pada kemampuan pengelola tapi evaluasi dari para alumni PPG sehingga kita mendapatkan masukan sehingga dikemudian hari pembelajaran PPG semakin baik dan berkelanjutan. Kita sebagai pengelola harus memiliki rasa tanggung jawab atau wajib membimbing mereka untuk memiliki kompetensi tersebut.“harap dan imbuhnya”

Di sela-sela ini juga dibahas mengenai evaluasi pelaksanaan PPG di LPTK UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang meliputi tentang tata kelola dan pelayanan akademik kepada mahasiswa. Selanjutnya, bahan evaluasi ini akan dijadikan bahan perbaikan terhadap pengelolaan dan pelayanan akademik kepada mahasiswa. Hal yang ditekankan adalah bagaimana penguatan koordinasi antara pengelola, dosen pengampu, guru pamong, dan wali kelas. Terjalinnya komunikasi yang baik akan menjadikan mahasiswa mendapatkan pelayanan dan pengalaman belajar yang baik sehingga dapat benar-benar menunjang dalam meningkatkan keterampilan dan profesionalismenya sebagai seorang guru. (timppg/yw)