Peringkat Pertama Nasional UKMPPG: LPTK UIN SATU Tulungagung Semakin Sparkling

Tulungagung – Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung meraih peringkat pertama nasional kategori tingkat kelulusan peserta first taker dan retaker dalam pelaksanaan Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKM-PPG) Dalam Jabatan Guru binaan Kementerian Agama Republik Indonesia Periode 5 Tahun 2023.

Capaian fantastis ini tervalidasi setelah LPTK UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung menerima surat dari Direktorat Jendral Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor: B-4674.1/Dt.I.III/HM.00/10/2023 tertanggal 5 Oktober 2023 yang tertandatangani oleh Ketua Panitia Nasional PPG Kementerian Agama Republik Indonesia, Ahmad Zainul Hamdi.

Melansir dari laman https://ukm.ppg.kemdikbud.go.id disebutkan bahwa LPTK UIN SATU Tulungagung mendapatkan apresiasi yang luar biasa atas keberhasilannya meraih beberapa penghargaan dan predikat dari berbagai kategori penilaian. Yaitu, kategori lulusan first taker dan retaker pada periode V tahun 2023, LPTK UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung meraih peringkat pertama Nasional se-PTKIN dengan kelulusan mencapai 91.70%, yang berarti mengalami kenaikan sebesar 2.28% dibanding tahun 2022. Selanjutnya, berdasarkan persentase/tingkat kelulusan peserta fisrt taker yang mencapai 92.73%, walhasil LPTK UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung berhasil menempati peringkat III Nasional se-PTKIN, peringkat IV Nasional se-PTKN, serta peringkat V Nasional se-PTKN dan PTU. Sungguh capaian yang sangat luar biasa.

Atas capaian dan keberhasilan pengelolaan program PPG tersebut, rektor UIN SATU Tulungagung Prof. Dr. Maftukhin, M.Ag. mengaku sangat bangga dan bahagia. “Ini adalah capaian yang luar biasa, harapannya UIN SATU Tulungagung mampu menjadi role model PTKIN dalam menyelenggarakan PPG di Indonesia,” ungkapnya bangga.

Senada dengan rektor, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. pun tak ketinggalan mengungkapkan rasa syukur serta kebanggaannya. “Alhamdulillah ya, ini adalah raihan prestasi LPTK UIN SATU Tulungagung selama mengemban amanah mengelola program PPG Dalam Jabatan di periode V tahun 2023. Semoga UIN SATU Tulungagung mampu mempertahankan serta kian meningkatkan prestasi nasional ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, atas raihan prestasi ini Koordinator Prodi PPG, Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. berkomitmen untuk mempertahankan serta meningkatkan prestasi sebagaimana petunjuk dan arahan dari Dekan FTIK. “Kami akan lakukan evaluasi secara komprehensif atas pengelolaan program ini, artinya yang sudah bagus akan kami tingkatkan, sementara sektor yang kurang maksimal akan kami perbaiki,” katanya. Tidak ketinggalan, ia juga menyampaikan apresiasi kepada peserta PPG yang telah berhasil menyelesaikan program PPG dengan sangat baik. “Selamat kepada Bapak/Ibu peserta PPG yang telah berhasil lulus, sedangkan bagi peserta PPG yang belum lulus tetap semangat, jangan patah arang, jangan minder sebab masih dapat mengikuti ujian periode berikutnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” pungkasnya.

Perlu untuk dipahami bahwasanya UKM-PPG ini merupakan penilaian kelayakan terhadap kualifikasi dan standar kompetensi para mahasiswa PPG berdasarkan 7 (tujuh) Kompetensi Guru Prefesional, sehingga bisa diperoleh output terbaik yang mempunyai kompetensi dan kualitas sebagai pendidik yang profesional. (timppg/ey)