Pengukuhan Guru Profesional PPG Dalam Jabatan Periode 5 Tahun 2023 UIN SATU Tulungagung, Direktur PTKI: Remember, you are profesional teacher right now!

Tulungagung – Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia, Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag. memberi pesan dan motivasi kepada peserta yang telah usai mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) Periode 5 Tahun 2023. Itu beliau sampaikan ketika memberikan sambutan dalam agenda Pengukuhan Guru Profesional PPG Dalam Jabatan Periode 5 Tahun 2023 UIN SATU Tulungagung, Jumat (20/10/2023).

Berdasarkan sambutan yang disampaikan oleh Prof. Inung pada kegiatan yang dihelat langsung dan Live YouTube ini, berawal dari pengabdian tulus guru profesional maka akan tercetak generasi yang cakap dan pemimpin negeri di kemudian hari. “Dari kecintaan (atas) ilmu oleh para guru profesional, karena dari tangan panjenengan lah akan tercetak direktur, menteri, hingga presiden, maka daripada itu teruslah belajar dan bersungguh-sungguh menjadi guru profesional. Remember, you are profesional teacher right now!,” tegasnya disambut applause seluruh peserta pengukuhan.

Seusai penegasan Prof. Inung, dilanjut sambutan oleh Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. selaku Dekan FTIK UIN SATU Tulungagung. Pada kesempatan itu, dalam sambutannya Bu Dekan memaparkan beberapa hal penting yang berkaitan dengan capaian prestasi fantastis LPTK UIN SATU Tulungagung yang berada dalam naungan fakultas yang dipimpin olehnya.  “LPTK UIN SATU Tulungagung, secara nasional kategori lulusan first taker dan retaker pada Periode 5 Tahun 2023, LPTK UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung menempati peringkat pertama se-PTKIN dengan kelulusan mencapai 91.70%. Selanjutnya, berdasarkan persentase/tingkat kelulusan peserta fisrt taker yang mencapai 92.73%, berhasil menempati Peringkat III Nasional se-PTKIN, Peringkat IV Nasional se-PTKN, serta Peringkat V Nasional se-PTKN dan PTU di bawah binaan KEMENAG RI,” paparnya. Lanjut, beliau menginformasikan jika peserta PPG LPTK UIN SATU Tulungagung saat ini berasal dari berbagai daerah, yakni dari Aceh, Ternate, Jabar, DIY, Jateng, Jatim, dan juga NTT. “Daerah asal mahasiswa PPG Batch I Tahun 2023 yang terjauh yaitu dari Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh, atas nama Alamsyah. Sementara mahasiswa yang paling ‘seksi’ alias berusia di atas seket siji (lima puluh satu) yaitu Rukaesih (56 tahun) berasal dari Kabupaten Subang, Jawa Barat,” urai orang nomor satu di FTIK ini. 

Pasca pemaparan dari Dekan, dilanjut sambutan oleh Rektor, Prof. Dr. H. Abdul Aziz, M.Pd.I. Orang nomor satu di UIN SATU Tulungagung yang baru saja dilantik dan serah terima jabatan pada Jum’at pagi ini berpesan kepada seluruh peserta PPG mengenai konsekuensi dan tanggung jawab moral selaku guru profesional. “Menyandang gelar guru profesional memiliki konsekuensi berupa kesadaran untuk menguasai empat kompetensi guru profesional. Pertama, profesional, yaitu mampu menguasai materi/bahan ajar dan profesional dalam menyampaikan materi serta praktik dari mata pelajaran yang diampu. Kedua, pegagogi, yaitu menguasai teknologi dan digitaliasasi pembelajaran. Ketiga, kompetensi sosial, yaitu profesi yang melekat selama dua puluh empat jam secara sosial sepanjang hari. Keempat, kepribadian, yaitu senantiasa menjaga penampilan dan performa dalam mengajar,” tuturnya. Selain hal itu, pada kesempatan tersebut beliau juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pemerintah daerah yang turut mendukung serta menfasilitasi peserta selama mengikuti program PPG. “Kami sampaikan terima kasih kepada seluruh pemerintah daerah yang turut support dan dukung peserta PPG hingga menyelesaikan program. Khususnya kepada Kakankemenag Kabupaten Subang dan Sumedang yang turut hadir mendampingi dan memfasilitasi peserta dari wilayah kerjanya dalam agenda pengukuhan peserta PPG Daljab Batch I tahun 2023 ini,” pungkasnya. 

Sebagai informasi, dalam agenda pengukuhan kali ini terdapat 210 (dua ratus sepuluh) mahasiswa PPG yang dibacakan SK Kelulusannya oleh Kabag FTIK, Dr. H. Nurul Amin, M.Ag. Pelantun ayat suci Al-Qur’an adalah Jauharotul ‘Abidatil Kholisoh (Juara I MTQ / Mahasiswa PAI Semester I), Pembacaan Do’a oleh Dr. H. Masduki, M.Ag., Sambutan Wakil Mahasiswa PPG dibawakan oleh M. Anton Suroto, lantas Pembacaan Ikrar Guru yang diikuti oleh seluruh peserta PPG pada penghujung acara tersebut  dipimpin oleh Mavrik Sartika Maghdalina. Acara pengukuhan tersebut ditutup dengan sesi foto bersama. (timppg/ey)