PPG Daljab 2024: Arah dan Kebijakan Baru PPG Daljab KEMENAG RI

Tangerang Selatan – Pada tanggal 20 s.d. 22 Juni 2024, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam mengadakan kegiatan Koordinasi Kebijakan Program PPG Daljab 2024 yang bertempat di Aviary Hotel Bintaro, Kota Tangerang Selatan, Banten. Acara ini mengundang Panitia Nasional (Pannas) PPG, Tim LMS Space dan Dekan/Kaprodi/Koorprodi PPG pada LPTK PTKIN.

Pada acara yang digelar selama 3 hari, LPTK UIN SATU Tulungagung hadir bersama dengan LPTK PTKIN lainnya membahas tentang Desain Pembelajaran PPG Daljab Kementerian Agama Tahun 2024, yang mengalami perubahan baik secara akademik maupun teknis di LMS.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Direktur PAI, Dr. M. Munir, S.Ag., M.A. Dalam sambutannya Direktur PAI menyampaikan bahwa untuk PPG Daljab Kementerian Agama Tahun 2024 akan dilaksanakan dengan skema biaya APBD dan pelaksanaan pembelajarannya mengalami perubahan, baik secara akademik maupun teknis di LMS. Hal ini diperkuat oleh Direktur PTKI sekaligus ketua Pannas PPG Kementerian Agama melalui arahan yang disampaikan bahwa “pada tahun 2024, penyelenggaraan Program PPG Daljab Kementerian Agama mengalami beberapa perubahan kebijakan, di antaranya terkait desain proses pembelajaran yang tertuang di dalam LMS, serta kebijakan penganggaran yang merespon berbagai masukan dari auditor eksternal sebelumnya.”

Merespon berbagai perubahan tersebut, maka pada sesi selanjutnya dilaksanakan kegiatan evaluasi dan refreshment dengan harapan seluruh LPTK PTKIN memiliki persepsi yang sama dan dapat mengelola program PPG Daljab sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Kementerian Agama sebagaimana tertuang dalam Petunjuk Teknis Pelaksanaan Program PPG Daljab Kemenag Tahun 2024.

Akhir dari kegiatan ini, diperolehnya pengetahuan dan persepsi yang sama tentang pelaksanaan dan pengelolaan Prorgam PPG Daljab terkait berbagai perubahan kebijakan Program PPG Daljab di lingkungan Kementerian Agama RI Tahun 2024. (timppg/np)