BOOTCAMP 5K: Kegiatan Asrama Virtual PPG UIN SATU Tulungagung

Tulungagung – Dalam rangka menyiapkan lulusan dan calon lulusan yang unggul dan sebagai bentuk layanan dan bimbingan kepada mahasiswa maupun alumni, Prodi PPG UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung mengadakan kegiatan berasrama kekinian dengan format yang berbeda. Kegiatan berasrama pada umumnya dilaksanakan secara luring di asrama, kali ini PPG UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung melakukan inovasi kegiatan asrama secara virtual bertajuk “BOOTCAMP 5K: Keasramaan, Kepramukaan, Kesehatan, Kebelanegaraan, Kewirausahaan”, mengingat input mahasiswa PPG Dalam Jabatan ini berasal dari guru yang sudah mengajar di lembaga pendidikan yang tidak dapat meninggalkan tugasnya.

Kegiatan asrama virtual ini dilaksanakan 1 hari secara daring untuk pendalaman materi (11/8/2023) dan 2 hari praktik dari masing-masing bidang (12-13/8/2023). Di akhir kegiatan, mahasiswa maupun alumni yang mengikuti kegiatan BOOTCAMP 5K dievaluasi untuk menentukan kelulusan pada masing-masing bidang yang diberikan. Bentuk evaluasi yang diberikan berupa pertanyaan terkait penguasaan materi yang disampaikan dan bukti pelaksanaan praktik pada masing-masing bidang (Keasramaan, Kepramukaan, Kesehatan, Kebelanegaraan, Kewirausahaan) melalui google form.

Pendalaman materi secara virtual dibimbing langsung oleh dosen/penanggungjawab pada bidangnya. Materi seputar kehidupan berasrama dimbing langsung oleh pengelola ma’had ‘aly UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Muhamad Fatoni, M.Pd.I.; seputar kepramukaan dibimbing oleh pembina pramuka, Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I.; seputar kesehatan dibimbing langsung oleh dokter spesialis gigi, drg. Alfiatuz Zahro Al Istiqlaliyah, yang fokus ke peran guru dalam mempromosikan kesehatan mulut dan gigi; seputar kebelanegaraan dibimbing oleh dosen pancasila dan kewarganegaraan, Yudi Krisno Wicaksono, M.IP.; dan seputar kewirausahaan dibimbing oleh dosen kewirausahaan, Machrup Eko Cahyono, M.Pd.I.

Di sela-sela kesibukan menyiapkan perkuliahan PPG Batch 2 Tahun 2023, Beni Asyhar, S.Si., M.Pd., selaku Koordinator Prodi PPG menyampaikan bahwa mahasiswa maupun alumni tetap diberikan layanan dan bimbingan secara virtual, mengingat keberadaan mahasiswa dan alumni tersebar di penjuru negeri, tidak berada di kampus. “Dengan adanya kegiatan BOOTCAMP 5K yang bertajuk “asrama virtual” ini diharapkan dapat memberikan hak layanan dan bimbingan kepada mahasiswa maupun alumni,” ujar Kooprodi PPG dengan penuh harapan. (timppg/ba)