Dosen PPG Daljab Batch 1 Tahun 2023 Mengikuti Refreshment Pendalaman Materi

Tulungagung – LPTK UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung melaksanakan refreshment pendalaman materi bagi dosen, tim IT dan pengelola PPG Daljab Batch 1 Tahun 2023. Acara ini diselenggarakan di Ruang Rapat Gedung Arief Mustaqiem Lantai 2 (Sabtu, 13 Mei 2023).

Agenda refreshment pendalaman materi bagi dosen, tim IT, serta tim pengelola program ini dilangsungkan dalam tiga sesi. Pada setiap sesi disampaikan materi-materi penting seputar manajemen operasional pelaksanaan PPG yang dipaparkan secara mendetail.

Dekan FTIK Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. berkenan membuka langsung agenda refreshment tersebut. Dalam sambutannya pada sesi pembukaan, beliau mengungkapkan rasa syukur atas capaian pelaksanaan PPG yang sangat baik serta ucapan terima kasih kepada Dirjen Pendis yang telah menambah jumlah kuota peserta PPG Dalam Jabatan bagi LPTK UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Tahun 2023 ini. “Alhamdulillahi robbil alamin, kami ucapkan terima kasih kepada perwakilan Dirjen Pendis yang telah memberikan apresiasi dan tambahan kuota peserta PPG Daljab Batch 1 Tahun 2023,” ungkapnya.

Pada sesi pertama, Dr. Mustofa Fahmi, S.Pd., M.Ed., memaparkan materi tentang Kebijakan dan Sosialisasi Akademik pelaksanaan PPG. Ia menguraikan tentang Milestone perjalanan kebijakan pengembangan profesi guru di Indonesia dan juga citra guru masa depan berdasarkan kurikulum merdeka. “Tanggal 4 Desember 2004 merupakan tonggak sejarah dideklarasikannya guru sebagai profesi, sehingga dalam perkembangannya terdapat PLPG, PPG Daljab, dan PPG Prajab. Oleh karenanya dibutuhkan sistem pendidikan di LPTK yang moderen dan bermutu dengan menggunakan kurikulum yang adaptif terhadap tuntutan masa depan,” paparnya.

Pada sesi kedua, terdapat penjabaran materi mengenai Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah yang disampaikan oleh Dr. H. Khoirul Anam, M.Pd.I. “Implementasi Kurikulum Merdeka ini lebih mengedepankan pada merdeka belajar berdasarkan pada profil pelajar pancasila dan profil pelajar rohmatan lil ‘alamin,” jabarnya.

Sedangkan pada sesi yang ketiga, dilakukan pemaparan materi Teknis Penggunaan Learning Management System (LMS) SPACE yang disampaikan oleh Koorprodi PPG, Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Sebagai informasi, program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Batch I Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh LPTK UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung tercatat memiliki peserta yang cukup banyak, yaitu sejumlah 220 peserta yang terdiri dari 20 Guru Kelas RA, 60 Guru Fiqih, 40 Guru Al-Qur’an Hadits, dan 100 Guru PAI pada sekolah umum. Maka daripada itu, melalui agenda refreshment pendalaman materi ini diharapkan mampu membangkitkan semangat dan motivasi pelaksanaan kompetensi berkelanjutan. (timppg/ey)