HEBAT! LPTK UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung raih kepercayaan Kemenag RI tangani PPG lagi

Tulungagung — Setelah meraih peringkat 5 Terbaik Nasional, walhasil Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung kembali mendapat kepercayaan dari Kemenag RI guna mengelola pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Daljab tahun 2023.

Hal ini terkonfirmasi setelah LPTK yang di bawah naungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulunggagung menandatangani MoU dengan Kemenag RI perihal pengelolaan PPG di Swiss-Bell Hotel Serpong-Kota Tangerang Selatan. Rabu, 31/05/2023.

Tercatat sebanyak 36 LPTK dari perguruan tinggi di bawah naungan Kemenag hadir dan menandatangani MoU tersebut.  Dalam agenda penandatanganan MoU ini, dari pihak Kemenag menghadirkan Direktur Diktis Prof. Inung, Direktur GTK Dr. H. Muh. Zain, Direktur PAI Drs. H. Amrullah dan Kasubdit Dr. M. Munir bersama Dr. Mustofa Fahmi serta beberapa staf Direktorat. Sedangkan dari pihak UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulunggagung dihadiri langsung oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I.

Pasca penandatanganan MoU, beliau sangat bersyukur dan merasa bangga atas amanah dan kepercayaan Kemenag kepada institusinya. “Alhamdulillahirabbil aalamin setelah meraih peringkat 5 terbaik nasional akhirnya LPTK UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulunggagung kembali mendapatkan kepercayaan dari Kemenag RI untuk menyelenggarakan program PPG Daljab tahun 2023, tak lupa kami haturkan terima kasih kepada Kemenag atas amanah yang diberikan kepada LPTK UIN SATU,” ujarnya bangga.

Program PPG ini, lanjutnya, merupakan program pemerintah yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi seorang guru. Oleh karena itu, dengan mengikuti program PPG maka profesi guru akan memiliki legal standing yang kuat.

Penting untuk diketahui bahwasanya LPTK UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulunggagung sebelumnya telah berhasil melaksanakan program PPG batch 3 tahun 2022 dengan predikat sangat baik, akuntabel, dan professional dengan tingkat kelulusan mencapai 89.42 persen. Program PPG adalah program yang berbasis IT, oleh sebab itu menuntut peserta maupun pengelola senantiasa akrab dengan teknologi. Kendatipun dilaksanakan secara daring, namun mekanisme dan prosedur pelaksanaannya cukup detail serta melalui tahapan verifikasi yang ketat.

Program PPG memiliki jargon “Kuat, Maju, Profesional.” Teks jargon ini bermakna kuat bersama dan maju bersama dalam meningkatkan profesionalisme guru di Indonesia. (timppg/ey)